Senin, 27 April 2015

Sistem manajemen versi Malcolm Baldridge

JUDUL :         Sistem manajemen versi Malcolm Baldridge
 Sumber : Nilna
 Penulis : Jalil Ahmad

Abstrack         
Bagaimanapun, keunggulan bukanlah kepandaian. Keunggulan adalahsemangat yang menguasai kehidupan dan jiwa kita. Keunggulan adalah proses yang tak pernah berakhir yang memberikan kepuasan tersendiri. Keunggulan adalah hasil dari kemampuan belajar kita, kemampuan menanggapi keadaan sekeliling dalam cara-cara yang produktif.
Sistem manajemen kualitas MBPE (Malcolm Baldridge Performance Excellence) diperkenalkan dan diterapkan sebagai guideline bagi perusahaan untuk menjadi perusahaan yang unggul atau excellence dalam era persaingan global ini.

However, the advantage is not intelligence. Adalahsemangat excellence which controls our life and soul. Excellence is a never-ending process that gives satisfaction. Excellence is the result of our learning ability, ability to respond to the surroundings in ways that are productive.
MBPE quality management system (Malcolm Baldrige Performance Excellence) was introduced and applied as a guideline for the company to be a superior company or excellence in this era of global competition.




PENDAHULUAN
Sejarah MBNQA
Malcolm Baldrige adalah menteri perdagangan Amerika Serikat (1981-1987) yang berkontribusi besar pada peningkatan mutu dalam berbagai aspek  jangka panjang di Amerika Serikat. Namanya diabadikan dalam bentuk  penghargaan
(award)
mutu dalam kategori manufaktur, jasa, usaha kecil, pendidikan dan kesehatan sejak 1987.
 Baldrige Award
diciptakan sebagaimotivator dan keinginan setiap organisasi untuk bersaing secara sehat dalam hal peningkatan mutu.Baldridge Performance Excellence diperkenalkan dan diterapkan sebagai guideline bagi perusahaan untuk menjadi perusahaan yang unggul atau excellence dalam era persaingan global ini.
Sistem ini pertama sekali diciptakan oleh US Congress pada tahun 1987 dibawah Public Law 100-107, sebagai penghormatan kepada Malcolm Baldridge, Commerce Department Secretary, yang meninggal dunia pada tahun 1987.


Permasalahan
1.      Apakah kriteria yang dinilai dan dijadikan acuan dalam mengelola kinerja perusahaan ?
2.      Bagaimana 5  Nilai inti dan konsep dari ketujuh kriteria MBPE
3.      Bagaimana cara menerapkan 2 nilai inti dari tujuh kriteria MBPE



PEMBAHASAN
Sistem ini pertama sekali diciptakan oleh US Congress pada tahun 1987 dibawah Public Law 100-107, sebagai penghormatan kepada Malcolm Baldridge, Commerce Department Secretary, yang meninggal dunia pada tahun 1987.
Penghargaan MBNQA (Malcolm Baldridge National Quality Award) diberikan setiap tahun kepada berbagai organisasi dan perusahaan yang diserahkan langsung oleh Presiden Amerika Serikat.
Saat ini MBNQA berada dibawah tanggungjawab the National Institute of Standards and Technology (NIST), Departemen Perdagangan AS. Paper tentang MBNQA dapat didownload gratis dari http://www.quality.nist.gov
Ada 7 kriteria yang dinilai dan dijadikan acuan dalam mengelola kinerja perusahaan, yaitu:
(1) kepemimpinan,
(2) perencanaan strategis,
(3) fokus pasar dan pelanggan,
(4) informasi dan analisis,
(5) fokus sumber daya manusia,
(6) manajemen proses, dan
(7) hasil-hasil bisnis.




Ke-tujuh kriteria MBPE tersebut sesungguhnya dibangun berlandaskan pada 5 nilai inti dan konsep. Maka, dalam kesempatan tulisan pendek ini, kita akan review sekilas nilai-nilai inti (core values) tsb.
Pertama, Visionary Leadership
Nilai ini terkait dengan bagaimana para pemimpin senior membimbing perusahaan dalam menetapkan dan menyebarluaskan nilai-nilai korporat, menentukan arah perusahaan, ekspektasi kinerja, berfokus pada pelanggan dan stakeholder yang lain, menciptakan iklim inovasi, pemberdayaan dan pembelajaran.

Kedua, Customer-Driven Excellence.
Nilai dan kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh banyak faktor mulai dari pengalaman pembelian, kepemilikan, dan pelayanan yang diterima.

Ketiga, Organizational and Personal Learning.
Pembelajaran organisasi mencakup peningkatan terus-menerus dari pendekatan-pendekatan yang ada dan adaptasi terhadap perubahan, memimpin ke arah sasaran baru dan atau pendekatan-pendekatan baru.

Empat, Valuing Employees and Partners.
Keberhasilan perusahaan juga akan sangat bergantung pada peningkatan pengetahuan, ketrampilan, kreativitas, dan motivasi dari karyawan dan para mitra kerja.

Lima, Agility
Kesuksesan dalam meraih kemenangan dalam pasar yang hiperkompetitif ini memang memerlukan ketangkasan, yaitu sebuah kapasitas untuk mampu berubah cepat dan fleksibilitas.


KESIMPULAN
Sistem manajemen kualitas Malcolm Baldridge sangat baik untuk diterapkan di semua jenis usaha atau bisnis, maupun di perusahaan besar sekalipun, karena sistem ini mempunyai tujuan yang sangat efektik untuk memajukan usaha bisnis maupun memperkenalkan bisnis baru kepada masyarakat. Karena di dalam sistem manajemen ini menerapkan 7 kriteria yang dinilai dan dijadikan acuan dalam mengelola kinerja perusahaan dan dari ke-tujuh kriteria MBPE tersebut sesungguhnya dibangun berlandaskan pada 5 nilai inti dan konsep yg telah dijelaskan, konsep konsep tersebut semakin melengkapi dari 7 kriteria tersebut.




Daftar Pustaka

Buku :
 Arisandi. 2001. Manajemen Malcolm Baldridge. Jakarta: Setia Kawan

Koran

Rahimawati, B. 10 Mei, 2013. Unsur penting dalam perusahaan. Majpahit Pos , hlm. 2 & 6

Internet :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar